الهي انت مقصودي ورضاك مطلوبي

Materi ke-1 :Latar Belakang Mata Kuliah Metafisika di UNPAB

Latar Belakang Mata Kuliah Metafisika di UNPAB :
  1. Eksistensi dan Substansi Manusia
  2. Eksistensi Metafisika Dalam Kehidupan
  3. Metafisika dan Agama
  4. Ciri Khas UNPAB

1.Eksistensi dan Substansi Manusia

Substansi  manusia menurut  science terdiri  atas  fisik dan phisikis atau tubuh dan kejiwaan .

Menurut agama atau kepercayaan;  manusia terdiri atas Jasad dan Ruh. Jasad tersusun atas 4 anasir (unsur) yaitu air, api tanah dan udara. Sedangkan ruh  tidak tersusun dari anasir (unsur).

Ruh   itu benar-benar berasal dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan mutlak Dialah yang memilikinya. Ruh itu bersifat ghaib, meta. 

Sampai sekarang ilmu pengetahuan (science) tidak dapat mendeteksi keberadaan daripada ruh itu.

Karena  unsur ruhani atau ruh tersebut sangat berperan dalam kehidupan manusia maka pada hakikatnya dialah (ruh) yang hidup dan sangat menentukan eksistensi manusia. 

Maka sangatlah wajar jika manusia itu ditunjuk oleh Tuhan sebagai Khalifah (wakil/pemimpin) di muka bumi ini.

2. Eksistensi Metafisika dalam Kehidupan

Kehidupan manusia hampir 90% diliputi hal-hal metafisika, umpamanya rizki, usia (umur), pertemuan (jodoh), keselamatan dan amal perbuatan semuanya di rahasiakan Tuhan dan tidak ada satu orangpun yang mampu mengetahuinya  dengan pasti. Namun walaupun hal-hal tsb. dirahasiakan, manusia wajib berusaha dengan maksimal dan sungguh-sungguh,agar terwujud  hasil yang maksimal pula.

Sementara itu lingkungan hidup manusia penuh dengan kekuatan-kekuatan metafisik, baik yang datangnya dari manusia maupun  dari makhluk halus yang berada di sekitar manusia.  Karena itu manusia pada dasarnya membutuhkan kekuatan / kemampuan untuk menghadapi atau menolak kekuatan- kekuatan metafisik tersebut, agar mereka sukses dalam menggapai kehidupan.

3.Metafisika dan Agama

Agama samawi banyak membicarakan tentang Energi Metafisika yang tersimpan di dalam setiap kitab sucinya. Kekuatan atau energi metafisika tersebut sesungguhnya berasal dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan kekuatan itulah yang dipergunakan oleh para Nabi dan Rasul dalam mengembangkan Agama sepanjang sejarah. 

Saat ini rahasia kekuatan energi Metafisika yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Kuasa tersebut sudah mulai dilupakan atau pudar karena kebanyakan penganutnya terjebak di dalam pengamalan syari’at fisik saja, atau amalan badaniah semata, tanpa mengenal isinya dan hakikatnya.   Melalui matakuliah Metafisika ini hal itu dapat kita pelajari.

Sejarah membuktikan seluruh Nabi dan Rasul dilengkapi oleh Tuhan dengan kekuatan metafisika yang disebut dengan Mukjizat. Tujuannya tidak lain untuk mengatasi hal-hal metafisika yang buruk (negatif) di dalam tugasnya sebagai Nabi dan Rasul, sekaligus untuk mengajak ummat beriman kepada Tuhan Yang Esa, sehingga memperoleh keselamatan dalam kehidupan didunia dan akhirat. Lalu bagaimana  ummat diakhir zaman ini untuk mendapatkan perlindungan metafisika yg bermanfaat bagi dirinya ?

Tidak ada komentar: